Mitos Pemeriksaan dengan USG Dapat Menyebabkan Keguguran

emaneman - Mitos Pemeriksaan dengan USG Dapat Menyebabkan Keguguran | Kehamilan merupakan salah satu proses yang dijalani sebagian perempuan dan menjadi hal yang diidamkan banyak wanita. Tapi, di zaman yang sudah serba canggih ini juga masih banyak mitos seputar kehamilan yang pantang dilakukan oleh ibu hamil. Salah satu mitos tersebut adalah mengenai bahayanya USG atau Ultra Sono Grafi yang berbahaya bagi pertumbuhan janin di dalam perut. Tapi apakah mitos tersebut bukan sembarang mitos, dan merupakan fakta yang benar. Atau hanya sekadar mitos angin lalu saja? banyak orang yang masih bingung dengan mitos seputar USG tersebut. karena USG merupakan alat pendeteksi janin yang didekatkan pada perut ibu hamil. Tapi ada juga yang mengatakan jika terlalu sering di USG, alat tersebut bisa membahayakan janin.
Mitos Pemeriksaan dengan USG Dapat Menyebabkan Keguguran

Bahkan sebenarnya ada banyak manfaatnya bagi janin yang berada di dalam kandungan. Misalnya saja kita bisa melihat ukuran atau besar janin, letak janin di dalam rahim, posisi dan usia janin, perkiraan jumlah cairan ketuban di dalamnya, bahkan sampai kelainan pada janin juga bisa dideteksi dengan alat USG tersebut. sehingga jika sudah diketahui ada kelainan pada janin maka bisa diatasi dengan cepat.

sebenarnya USG cukup aman untuk janin, tetapi tidak ada keharusan untuk melakukannya setiap kali kunjungan ke dokter kandungan. Kecuali ada indikasi yang menjadi dasar atau alasan atas keperluan dari USG tersebut. Apakah USG terlalu sering membahayakan bayi? Hingga kini, setelah hampir tiga setengah dekade, pemeriksaan USG tidak mengakibatkan gangguan pada ibu dan janin. USG dianggap aman, karena energi mekanik yang berasal dari gelombang suara sebesar 20.000 Hertz dipakai secara menyebar. Hanya 0-1% gelombang suara dari pemeriksaan ini dihantarkan ke tubuh. Selain itu, tidak ada panas yang dihantarkan serta tidak ada sinar x yang dipancarkan mesin USG. Bahkan menurut Badan Kesehatan Dunia WHO (World Health Organization), gelombang suara ultra ini baru akan berakibat negatif kalau dipakai sampai 400 kali.

Nah, jadi untuk para calon ibu tidak perlu khawatir mengenai mitos penggunaan USG akan menyebabkan keguguran. Karena menurut peneliti bahkan WHO sendiripun menyatakan USG aman bagi janin dan pemeriksaan dengan USG banyak sekali manfaatnya.

Semoga bermanfaat

0 Response to "Mitos Pemeriksaan dengan USG Dapat Menyebabkan Keguguran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel