Amankah Menambahkan Penyedap Rasa pada MPASI Bayi?

emaneman Amankah Menambahkan Penyedap Rasa pada MPASI Bayi? - Penyedap rasa atau MSG memang sering digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Penyedap rasa dianggap sangat tepat untuk membuat makanan memiliki efek gurih. Namun, bagaimana dengan bayi, amankah penyedap rasa untuk bayi?
mpasi, bayi

Dilansir dari Mayo Clinic, Monosodium glutamate (MSG) adalah penambah rasa yang biasa ditambahkan ke makanan seperti, sayuran kaleng, sup, dan daging olahan.
Food and Drug Administration (FDA) telah mengklasifikasikan MSG sebagai bahan makanan yang diakui aman, tetapi penggunaannya tetap harus dibatasi. Karena alasan ini, ketika MSG ditambahkan ke makanan, FDA mengharuskannya untuk dicantumkan pada label.

MSG telah digunakan sebagai bahan tambahan makanan selama beberapa dekade. Selama bertahun-tahun, FDA telah menerima banyak laporan tentang reaksi negatif setalah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG.

Amankah penyedap rasa untuk bayi?
Seorang pakar gizi, Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., menjelaskan tentang hal ini. “Saya selalu mengajarkan kalau MSG itu memang penambah rasa. Tapi sebenarnya banyak bumbu lain yang bisa menjadi penambah rasa. Jadi kita punya kunyit, punya jahe, gula pasir (bolehlah sedikit), punya garam, punya ketumbar, itu kalau semua itu bisa dipadu padankan dengan tepat, itu kita tidak perlu menambahkan MSG lagi, terutama untuk MPASI bayi,” paparnya.
Penyedap rasa untuk bayi, berapakah takaran yang aman?
MSG sebenarnya adalah glutamat, yang salah satu efeknya adalah untuk merangsang otak anak bisa kreatif, tapi kalau kebanyakan atau terlalu sering itu juga tidak bagus.

Jadi Bunda, hindari memberikan penyedap rasa untuk bayi dalam MPASI ya. Tunggu sampai si kecil lebih besar untuk mulai mengenalkannya pada MSG. 

Semoga bermanfaat.
Terimakasih

Posting Komentar

0 Komentar