Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mayonaise?

emaneman - Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mayonaise?Setiap ibu hamil tentu memiliki keinginan yang kuat agar selama masa kehamilan yang setidaknya akan berlangsung secara umum 40 minggu lamanya tersebut agar dapat berjalan dengan normal tanpa adanya keadaan yang mengarah pada kondisi gangguan kehamilan. Adanya kondisi gangguan kehamilan tersebut baik ringan hingga yang paling berat menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan dapat memberi dampak buruk bagi kondisi janin yang sedang berkembang di dalam kandungan atau rahim ibu hamil.

Demi menjaga agar proses perkembangan janin di dalam kandungan dapat berjalan dengan normal sesuai dengan perkembangan usia kehamilan serta membantu untuk selalu menciptakan kondisi kesehatan ibu hamil yang baik maka setiap ibu hamil perlu melakukan berbagai bentuk usaha. Beberapa usaha yang dapat dialakukan oleh ibu hamil tersebut diantaranya berkonsultasi dengan dokter kandungan secara rutin, beristirahat dengan cukup, menghindari aktivitas berat dan larangan ibu hamil, serta mengkonsumsi makanan yang sehat.

Makanan sehat untuk ibu hamil menjadi salah satu hal yang penting untuk terus diusahakan karena dengan konsumsi makanan sehat maka tubuh ibu akan mendapatkan jumlah dan jenis nutrisi yang cukup demi perkembangan kehamilan yang normal. Selain konsumsi makanan sehat, ibu juga perlu menghindari makanan yang cukup memberikan dampak negatif pada kehamilan. 


Secara pasti sebenarnya belum ada larangan ibu hamil secara langsung yang tidak boleh mengkonsumsinya namun banyak dokter dan tenaga kesehatan lain tetap menganjurkan beberapa makanan yang memiliki resiko tinggi pada proses kehamilan untuk tidak dimakan. Makanan yang masuk ke dalam perut ibu hamil seringkali dikhawatirkan dapat memberikan pengaruh pada janin yang juga terdapat di dalam tubuh ibu hamil meskipun anggapan tersebut tidak dibenarkan juga karena banyak makanan yang tidak berdampak buruk.

Meskipun secara langsung menghindari makanan tertentu bukan hal yang akan memastikan bahwa kehamilan berjalan lancar, ibu tetap perlu pengetahuan dan pemahaman terhadap berbagai macam jenis makanan dan efeknya pada kehamilan yang salah satunya adalah mayonaise. Mayonaise merupakan jenis saus yang dibuat dengan campuran minyak nabati, telur dan cuka. Konsumsi mayonais banyak dimanfaatkan sebagai saos dalam pembuatan sandwich, salah buah maupun sayur, dan lain sebagainya.

Terkait jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mayonaise maka dapat dikatakan bahwan bahan makanan tersebut dapat dikonsumsi oleh ibu hamil karena memang tidak ditemukan bahan berbahaya di dalam mayonaise dan tentunya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Mayonaise menjadi berbahaya dan sebaiknya dihindari oleh ibu hamil adalah jenis mayonaise yang dibuat sendiri dari telur mentah. Telur mentah tersebut dikatakan dapat memiliki dampak lebih berbahaya dikarenakannya resiko bakteri salmonella terdapat dan berkembang di telur mentah tersebut.

Salmonella menjadi kelompok bakteri yang sangat berdampak bahaya pada manusia. Untuk tetap dapat mengkonsumsi mayonaise maka ibu hamil perlu memilih jenis mayonaise yang benar. Ibu hamil tetap dapat mengkonsumsi mayonaise yang dibuat oleh pabrikan besar dan yang sudah beredar di pasaran. Mayonaise jenis tersebut lebih tidak mengandung salmonella karena proses pembuatannya lebih terjamin dan tervalidasi dengan baik dan benar.

Efek Buruk Mayonaise Pada Ibu Hamil

Seperti dalam penjelasan diatas, konsumsi mayonaise pada ibu hamil boleh asalkan mayonaise yang digunakan bukan butan sendiri. Mayonaise  yang dibuat sendiri lebih mudah terinfeksi oleh bakteri samonella dan akan menular pada tubuh manusia. Bakteri salmonella tersebutlah yang dapat memberikan efek buruk pada ibu hamil diantaranya sebagai berikut ini.

Salmonellosis, penyakit yang terjadi akibat infeksi salmonella tersebut akan beresiko terjadi ketika ibu hamil mengkonsumsi mayonaise yang secara langsung diolah menggunakan telor mentah. Salmonellosis dapat menimbulkan beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh ibu hamil seperti demam, kram perut, rasa mual dan muntah yang akan memperparah kondisi morning sickness ibu hamil, serta diare yang baru akan muncul setelah 12 – 72 jam infeksi. Komplikasi infeksi, Salmonella yang tetap berada di dalam tubuh dapat memicu terjadinya komplikasi yang lebih parah karena organ tubuh yang diinfeksi semakin banyak. Komplikasi yang dapat muncul dari penyakit salmonellosis akibat bakteri salmonella tersebut diantaranya rasa sakit peda persendian, penurunan sistem imun, iritasi pada mata.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil makan mayonaise. Seperti dalam penjelasan diatas, konsumsi mayonaise aman untuk ibu hamil asalkan tidak dibuat secara langsung menggunakan telur asam mentah. Kandungan telur ayam tersebut yang bertanggung jawab saat konsumsi mayonaise adalah karena memang banyak ditemukan adalah bakteri salmonella. Menjaga kesehatan dan kondisi ibu hamil dalam keadaan yang sehat menjadi tanggung jawab bersama agar selalu tercipta lingkungan kerja yang cukup bersih dan tetap nyaman untuk digunakan. Semoga bermanfaat ya bunda..

Posting Komentar

0 Komentar