Bolehkah Makan Durian Saat Hamil 7 Bulan?

durian

emaneman - Bolehkah Makan Durian Saat Hamil 7 Bulan?Ada saja beberapa pantangan makanan ibu hamil yang dipercayai oleh sebagian besar masyarakat guna untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Salah satu pantangan tersebut adalah pantangan makan durian saat hamil 7 bulan. Durian yang dikonsumsi saat hamil tua dipercaya dapat membuat kelahiran bayi menjadi prematur bahkan mengalami keguguran. Padahal faktanya, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik dan durian sendiri apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar seperti sekitar tiga buah daging durian, malah bisa membawa dampak yang positif bagi ibu dan janin. Dan berikut ini, saya ingin menepis mitos yang beredar dalam masyarakat dengan memberikan sedikit informasi mengenai manfaat baik pada kesehatan yang bisa didapatkan setelah mengkonsumsi durian. Bolehkah Makan Durian Saat Hamil 7 Bulan?

1. Membantu meningkatkan kecerdasan bayi 
Sejak berada dalam kandungan, ketika nutrisi bayi Anda terpenuhi maka pertumbuhan organ tubuh bayi akan berkembang secara maksimal. Pada durian terkadung asam folat yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak pada bayi karena durian tergolong kedalam makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan. Asam folat bekerja sebagai stimulan yang dapat membantu mencegah adanya kecacatan yang mungkin terjadi pada bayi. Selain itu, asam folat akan membantu perkembangan jaringan saraf bayi baik pada jaringan saraf pada otak maupun sumsum tulang belakang. Apabila perkembangan jaringan otak bayi dapat berkembang dengan sempurna maka hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan bayi.

2. Membantu melancarkan pencernaan ibu hamil
Makan durian saat hamil 7 bulan dapat membantu ibu hamil agar sistem pencernaannya menjadi lancar. Pada masa kehamilan akan sangat tidak menyenangkan sekali apabila Anda mengalami permasalahan dalam sistem pencernaan seperti sembelit. Sembelit diakibatkan oleh kurangnya jumlah serat pada tubuh. Dan dengan mengkonsusmsi durian, Anda bisa mencukupi kebutuhan serat Anda. Mengkonsumsi durian akan lebih baik dibandingkan mengkonsumsi obat sembelit untuk ibu hamil. Dampak buruk yang bisa didapatkan apabila kebutuhan serat dalam tubuh tidak segera dipenuhi adalah kanker usus, disfungsi otot usus, konstipasi kronik, dan beberapa gangguan kesehatan usus bahkan gangguan pencernaan lainnya.

3. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi atau yang dikenal sebagai hipertensi adalah salah satu masalah yang wajib untuk dihindari oleh ibu hamil. Hipertensi pada ibu hamil dapat menyebabkan beberapa masalah yang cukup berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin. Meski memang diklaim bahwa durian memiliki kandungan lemak ataupun kolesterol yang tinggi tetapi pada durian terkandung kalium yang cukup tinggi yang bisa membantu mengatasi permasalahan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran pada janin yang sedang dikandung karena adanya kondisi preeklampsia.Bolehkah Makan Durian Saat Hamil 7 Bulan?

Itulah beberapa manfaat yang bisa bunda dapatkan ada saat bunda makan durian saat hamil 7 bulan. Mengkonsumsi durian bisa membantu mencukupi kebutuhan tubuh bunda akan beberapa nutrisi yang tubuh bunda perlukan, sama dengan jumlah yang bisa bunda dapatkan pada suplemen makanan ataupun vitamin untuk ibu hamil. Konsultasikan juga kondisi kesehatan bunda dan janin bunda secara teratur pada dokter kandungan, karena dokter kandungan akan lebih mengerti tentang kondisi kesehatan bunda. Dokter kandungan juga akan membantu mendiagnosis kondisi dan memberitahukan bunda tentang bagaimana bunda seharusnya menjaga kesehatan janin dan kesehatan diri bunda sendiri. Sekian dulu artikel saya hari ini yang membahas seputar makanan yang baik untuk kesehatan janin dan kesehatan bunda.

Posting Komentar

0 Komentar