Manfaat Teripang Untuk Ibu Hamil Dan Janin

emaneman - Manfaat Teripang Untuk Ibu Hamil Dan JaninMencukupi gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan pasti akan dilakukan semua ibu hamil. Saat masih trimester awal biasanya ibu mengalami morning sickness yang membuat ibu terkena mual dan muntah parah. Lalu ibu mencoba memilih makanan yang paling sehat dan bergizi untuk mengatasi kondisi ini. Salah satunya adalah teripang yang termasuk makanan laut. Teripang yang berbentuk panjang, lunak dan seperti ulat ini ternyata menyimpan manfaat yang sangat besar. Berikut ini bukti manfaat teripang untuk ibu hamil dan janin yang tidak boleh diremehkan.
tripang

Menjaga sistem kekebalan tubuh
Adanya perkembangan janin sejak awal sampai akhir memang sering menyebabkan tubuh ibu hamil menjadi lemah. Ini yang membuat ibu mudah sakit dan tidak bisa beraktifitas dengan baik. teripang mengandung sebuah zat yang bernama sitotoksin. Zat ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu karena berfungsi untuk melawan karsinogen. Efek karsinogen mungkin masuk ke dalam tubuh bukan saat hamil tapi sebelum hamil. Kemudian kandungan bahan triterpen dalam teripang laut juga sangat baik untuk mencegah kanker pada ibu hamil.Manfaat Teripang Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Menjaga kesehatan gusi
Setiap ibu hamil biasanya akan mengeluh dengan kondisi kesehatan mulut yang tidak baik. Ini bisa terjadi karena hormon kehamilan membuat gusi ibu bermasalah seperti mudah berdarah, infeksi dan munculnya sakit gigi. Memang ada beberapa penyebab gusi berdarah pada ibu hamil termasuk kesehatan gusi saat belum hamil. Mengonsumsi ekstrak teripang ternyata bisa mencegah gusi berdarah dan infeksi gusi. Ini juga sangat baik untuk pertumbuhan dasar gigi pada janin karena menerima nutrisi dari teripang.Manfaat Teripang Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Mencukupi kebutuhan protein
Beberapa ibu hamil yang mengalami kekurangan nutrisi ibu hamil bisa menyebabkan janin menerima dampak yang serius. Hal ini karena nutrisi ibu akan masuk ke dalam tubuh janin lewat plasenta. Teripang adalah makanan laut yang mengandung protein sangat tinggi. Konsumsi protein dari teripang bahkan dipercaya bisa membuat jantung ibu dan janin menjadi lebih sehat. Untuk ibu hamil yang mengalami obesitas maka bisa makan teripang sebagai makanan diet yang aman. Manfaat Teripang Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Baik untuk jantung ibu dan janin
Salah satu penyebab jantung berdebar pada ibu hamil bisa karena kondisi kehamilan ibu. Ini bisa terjadi pada ibu yang tidak pernah memiliki keluhan pada jantung. Teripang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung ibu dan janin. Hal ini karena teripang akan membantu membuat tekanan darah ibu menjadi lebih stabil. Jika ibu mengalami hipertensi maka teripang mengandung bahan yang bisa menurunkan tekanan darah. Teripang juga sangat baik untuk melawan pembentukan kolesterol jahat sehingga pembuluh darah ibu sangat sehat. Manfaat Teripang Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Melawan infeksi bakteri
Teripang ternyata sangat efektif untuk melawan berbagai jenis infeksi bakteri. Misalnya saja bakteri E.coli, Salmonella typhi, dan Staphylococcus aureus. Kemudian jika ibu pernah mengalami riwayat infeksi candida maka bisa mendapatkan teripang laut. Bahan senyawa khusus yang terkandung dalam teripang sangat efektif untuk membunuh bakteri tersebut.

Menjaga kesehatan kulit
Ibu hamil yang takut merasa tidak cantik lagi juga bisa memanfaatkan teripang. Teripang mengandung bahan peptida yang bisa meningkatkan proses pembentukan kolagen. Akhirnya dengan mengkonsumsi teripang secara teratur maka bisa membuat kulit tetap kencang dan bisa melawan perubahan warna karena pengaruh hormon saat hamil.

Tips Mengonsumsi Teripang Saat Hamil
  • Jika ibu hamil mengalami alergi maka jangan mengonsumsi teripang. Kandungan protein yang sangat tinggi sering memicu alergi sehingga sangat buruk untuk kondisi ibu.
  • Teripang bisa menyebabkan efek tertentu ketika ibu hamil mengalami masalah pembekuan darah sehingga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi teripang.
  • Teripang untuk ibu hamil sebaiknya dalam bentuk yang sudah diolah atau ekstrak. Ini karena teripang segar bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang parah untuk ibu.

Jadi itulah beberapa manfaat teripang untuk ibu hamil dan janin. Teripang memang sangat baik untuk ibu dan janin tapi perhatikan lagi saat akan mengonsumsi teripang agar tidak terkena efek sampingnya.

Posting Komentar

0 Komentar